Membuat Kartu dengan Mail Merge
Ada yang pengen buat kartu di Ms. Word? Berhubung Momo lagi mager... jadi langsung copas deh dari blog sebelah... Ikuti langkah-langkanya ya.. 😃
Berikut langkah-langkah untuk membuat label dengan mail merge.
Tahap I: Membuat Sumber Data di MS Excel
Langkah-langkah:
- Buat dokumen baru (CTRL + N) di Microsoft Word.
- Pada Mailings tab, klik Start Mail Merge (di Start Mail Merge grup), dan pilih Labels.
- Pilih Label vendors dan Product number sesuai dengan ukuran label atau kertas yang digunakan. Tutorial ini menggunakan Label vendors: A-ONE dengan Product number: A-ONE 28789 untuk ukuran kertas A4 dengan isi 6 label per halaman. Klik OK bila sudah selesai.
- Word akan menempatkan label dalam bentuk tabel. Selanjutnya kita akan mengambil data untuk mail merge. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.
- Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table.
Catatan: tutorial ini menggunakan sumber data dari Excel. Lihat di sini tutorial detilnya: Cara Membuat Mail Merge Label dengan Excel dan Word. - Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK.
- Tampilan dokumen akan seperti gambar berikut ini. Semua label akan memiliki tulisan Next Record (kecuali pada label yang pertama).
Selanjutnya kita akan menempatkan data pada label. Klik pada label pertama. - Pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih merge field yang ingin disisipkan. Misalnya, merge field Nomor.
Sekarang tampilan label pertama akan seperti gambar berikut ini. - Kemudian hapus kolom dua dan tiga, hingga tabel hanya memiliki satu kolom saja.
Caranya: pilih kolom dua dan tiga. Kemudian pada Table Tools, tab Layout, grup Rows & Columns, klik Delete, dan pilih Delete Columns.
Tampilan label mail merge setelah kolom 2 dan 3 dihapus. - Pada tab Page Layout, grup Page Setup, klik Columns dan pilih Three untuk membagi halaman menjadi 3 kolom.
Tip: Anda mungkin perlu memperkecil lebar kolom dengan menarik batas kolom kanan (Move Table Column) ke sebelah kiri. - Salin (CTRL + C) tulisan Next Record pada baris 2 tabel dan tempatkan (CTRL + V) ke baris berikutnya hingga terisi semuanya.
Tampilan label mail merge dengan semua Next Record. - Lanjutkan dengan mengisi data (merge field) pada label yang lain. Caranya: pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Update Labels.
- Lihat hasilnya dengan mengklik tombol Preview Results.
- Buat data di lembar kerja Excel seperti contoh berikut ini.
Sumber : http://www.computer1001.com
Komentar
Posting Komentar