Cara Membuat Data Entry Form di EXCEL Tanpa Menggunakan Macros

Heyhooo amigos... hehehe
Kali ini momo pengen share cara entry data di excel dengan memanfaatkan form di excel. Biar lumayan mudah gitu masukin datanya. ok langsung ajah!
Berhubung momo lagi mager mau buat tutorial sendiri jadinya momo copas in aja ya di blog sebelah. hehehehe

Step by step:

1. Buka Ms. Excel kamu.. bisa 2003,2007 maupun 2010
2. Contohnya seumpama kamu mau masukin data siswa. Setelah kamu buat tabel, ketikkan angka "1" pada awal nomor, untuk nomor 2 kita gunakan rumus biar g' perlu ngetik lagi untuk nomer berikutnya. Rumusnya "=A3+1". (A3 karena nomor satunya tadi berada di sel A3 ya gaesss).
Penampakannya seperti ini: 
3. Selanjutnya kita munculkan Tool Form. Karena Toolnya g' muncul secara default makanya kita munculkan dulu. Pilih menu FILE >>OPTIONS atau bisa juga langsung dari icon segitiga kecil di tab bar menu kayak gini :
4. Lalu muncullah kotak EXCEL OPTIONS. Pilih menu QUICK ACCESS TOOLBAR, pada Choose Commands diubah menjadi ALL COMMANDS lalu pilih FORM>>ADD, maka ikon From akan muncul di atas tmenambah toolbar exceloolbar kamu.
5. Ok. Sekarang cara gunainnya ya.. Letakkan kursor kamu ke tabel NAMA (di samping kanan angka 2) trus pilih tombol icon FORM tadi. Maka akan muncul form nya. Walllaaaaa.....tinggal masukin datanya deh. Jangan Klik tombol New untuk simpan data yang udah kamu isi terus masuk ke data baru lagi.



Taraaa... Beres kan? Kamu juga bisa Klik Tombol Find Prev untuk melihat data di nomer sebelumnya, kalau-kalau ada data terlewat atau gimana gitu. Kalau udah Klik Tombol Close. Trus simpan deh. SELAMAT MENCOBA... SEMOGA BERMANFAAT YA...

menambah toolbar excel
Sumber : www.kusnendar.web.id

Komentar

Postingan Populer