Membuat Kartu dengan Mail Merge



Ada yang pengen buat kartu di Ms. Word? Berhubung Momo lagi mager... jadi langsung copas deh dari blog sebelah... Ikuti langkah-langkanya ya.. 😃

Berikut langkah-langkah untuk membuat label dengan mail merge.

Tahap I: Membuat Sumber Data di MS Excel

Langkah-langkah:
  1. Buat dokumen baru (CTRL + N) di Microsoft Word.
  2. Pada Mailings tab, klik Start Mail Merge (di Start Mail Merge grup), dan pilih Labels.
  3. Pilih Label vendors dan Product number sesuai dengan ukuran label atau kertas yang digunakan. Tutorial ini menggunakan Label vendors: A-ONE dengan Product number: A-ONE 28789 untuk ukuran kertas A4 dengan isi 6 label per halaman. Klik OK bila sudah selesai.
    Label Options - pilih ukuran dan layout label mail merge
  4. Word akan menempatkan label dalam bentuk tabel. Selanjutnya kita akan mengambil data untuk mail merge. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.
    Label mail merge dalam bentuk tabel
  5. Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table
    Catatan: tutorial ini menggunakan sumber data dari Excel. Lihat di sini tutorial detilnya: Cara Membuat Mail Merge Label dengan Excel dan Word.
  6. Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK.
  7. Tampilan dokumen akan seperti gambar berikut ini. Semua label akan memiliki tulisan Next Record (kecuali pada label yang pertama).
    Selanjutnya kita akan menempatkan data pada label. Klik pada label pertama.
    Penempatan data pada label mail merge
  8. Pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih merge field yang ingin disisipkan. Misalnya, merge field Nomor.
    Sisipkan merge field pada label pertama
    Sekarang tampilan label pertama akan seperti gambar berikut ini. 
    Merge field pada label pertama
  9. Kemudian hapus kolom dua dan tiga, hingga tabel hanya memiliki satu kolom saja. 

    Caranya: pilih kolom dua dan tiga. Kemudian pada Table Tools, tab Layout, grup Rows & Columns, klik Delete, dan pilih Delete Columns.
    Hapus kolom 2 dan 3 tabel mail merge label
    Tampilan label mail merge setelah kolom 2 dan 3 dihapus.
    Tampilan tabel label mail merge setelah kolom 2 dan 3 dihapus
  10. Pada tab Page Layout, grup Page Setup, klik Columns dan pilih Three untuk membagi halaman menjadi 3 kolom.
    Tip: Anda mungkin perlu memperkecil lebar kolom dengan menarik batas kolom kanan (Move Table Column) ke sebelah kiri.
    Tarik Move Table Column untuk memperkecil lembar kolom
  11. Salin (CTRL + C) tulisan Next Record pada baris 2 tabel dan tempatkan (CTRL + V) ke baris berikutnya hingga terisi semuanya.
    Salin dan tempatkan Next Record pada semua label yang lain
    Tampilan label mail merge dengan semua Next Record.
    Mengisi data semua label mail merge dengan pdate Labels
  12. Lanjutkan dengan mengisi data (merge field) pada label yang lain. Caranya: pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Update Labels.
  13. Lihat hasilnya dengan mengklik tombol Preview Results.
    Preview Results - tampilan mail merge label yang diurut memkolom

  14. Buat data di lembar kerja Excel seperti contoh berikut ini.
Sumber : http://www.computer1001.com

Komentar

Postingan Populer